Kontingen Kaltim Ingin Mengulang Kesuksesan Sebagai Juara Umum Dalam PESPARANI 3 Jakarta

LP3KN.or.id – Kontingen Kalimantan Timur bertekad mengulang sukses sebagai juara umum pada Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik Nasional III di Jakarta pada Oktober-November mendatang.

Kaltim sempat menorehkan prestasi sebagai juara umum saat PESPARANI perdana digelar di Ambon, Maluku, 2018 silam.

“Mudah-mudahan kita bisa mengulang sukses menjadi champion Pesparani I di Ambon, Maluku tahun 2018 lalu,” seru Gubernur Kaltim H Isran Noor saat resmi melepas Kontingen PESPARANI Kaltim di Ballroom Blue Sky Hotel, Balikpapan. Senin malam, (28/8/2023).

Pada kesempatan itu hadir juga Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi.

Prestasi Kontingen Kaltim di PESPARANI II di Kupang, Nusa Tenggara Timur, tahun 2022 mengalami penurunan pasca pandemi Covid-19. Kaltim hanya menduduki posisi ketiga.

Gubernur memotivasi bahwa kegagalan di Kupang hanya karena masalah teknis, di mana seharusnya Kaltim minimal bisa berada di posisi kedua, meski dengan jumlah kontingen yang jauh menurun akibat pagebluk.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang didaulat menjadi Ketua Kontingen Pesparani Kaltim itu mengatakan provinsi lain pasti akan bekerja keras untuk bisa mengalahkan Kaltim.

Belum lagi, melihat kekuatan provinsi lain seperti NTT, Maluku, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan lainnya.

“Penduduk kita berapa? Jauh banyak mereka. Jadi tidak ada yang mengecewakan. Itu kesalahan teknis saja,” kata Gubernur Isran Noor.

“Saya akan kawal ini sebagai ketua kontingen,” tegas Gubernur seperti dikutip dari Kaltimprov.go.id.

lp3kd kaltim
Ketua LP3KD Kaltim Andika Hasan (Facebook/Pemrov Kaltim)

Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kaltim Andika Hasan mengungkapkan tahun ini provinsi akan mengirimkan 220 peserta dan 30 offisial.

Andika juga menyebut keberhasilan Kaltim pada 2018 lalu tidak lepas dari dukungan Gubernur Isran Noor yang ketika itu secara resmi melepas keberangkatan Kontingen Pesparani Kaltim ke Maluku.

Baca Juga:  Gubernur H. Rusdy Mastura Resmi Melantik Pengurus LP3KD Sulteng

Dalam Pesparani Nasional III, 28 Oktober 2023 mendatang, Kaltim menargetkan bisa merebut kembali champion dengan 13 medali emas dan 3 medali champion.

Acara juga dihadiri Wagub H Hadi Mulyadi , Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Samarinda Romo Moses Komela Avan, Pastor Paroki Santa Theresia Balikpapan Pastur Huvang Hurang, peserta Kontingen Kaltim, dan para tokoh Katolik di Benua Etam.

Kontingen Pesparani Kaltim akan mengikuti lomba di antaranya lomba paduan suara, lomba pemazmur, tutur kitab suci, dan cerdas cermat rohani.

PESPARANI akan berlangsung pada 27 Oktober-1 November 2023. Sekitar 10 ribu peserta dari 38 provinsi akan menghadiri gelaran akbar umat Katolik se Indonesia ini. (***)

0Shares

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *